Warta Geologi

Geologi yang lebih memasyarakat


Jabang bayi itu bernama ”Badan Geologi”. Namun, sejatinya ia bukanlah bayi biasa, karena proses kelahirannya sudah dipersiapkan cukup lama. Mereka yang terlibat umumnya sudah malang melintang dalam pentas geologi. Badan Geologi lebih pantas disebut sebagai penjelmaan metamorfosis induknya di era sebelumnya.

Badan Geologi sebagai salah satu unit eselon I di lingkungan Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, berkantor pusat di Bandung. Unit eselon I ini membawahi unit-unit eselon II berikut: Sekretariat Badan Geologi, Pusat Sumber Daya Geologi, Pusat Lingkungan Geologi, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, dan Pusat Survei Geologi.

Syahdan menurut sejarahnya, Badan Geologi dibentuk guna mewadahi kiprah yang lebih besar yang dituntut oleh perkembangan jaman dan keadaan di NKRI kita tercinta ini. Dalam bahasa yang visioner, kiprah tersebut dapat kita rumuskan sebagai: ”geologi yang lebih memasyarakat”. Dalam adagium ini terkandung tujuan sekaligus tugas mulia geologi untuk kesejahteraan rakyat serta memasyarakatkan geologi sebagai disiplin ilmu yang penting untuk pembangunan ekonomi dan peningkatan kualitas kehidupan manusia.

Untuk itu, sesuai pula dengan era perkembangan pemerintahan dewasa ini, langkah pertama yang perlu segera dilaksanakan adalah proses perencanaan stratejik agar seluruh gerak program kegiatan dan aktivitas Badan Geologi berada pada track pencapaian tujuan besar tersebut.

Warta Geologi (WG) hadir di tengah-tengah Anda para insan staf Badan Geologi dan pemerhati serta yang berdedikasi penuh terhadap perkembangan geologi, khususnya di lingkungan pemerintahan.

Penerbitannya diprakarsai oleh Sekretariat Badan Geologi, khususnya Bagian Rencana dan Laporan. Namun demikian, WG sesungguhnya merupakan media milik bersama seluruh staf Badan Geologi, mulai dari pimpinan hingga staf yang paling bawah. Tujuannya antara lain sebagai media komunikasi dan informasi kegiatan serta jendela perkembangan kegeologian. Jangkauan jauhnya adalah alat komunikasi guna pencapaian visi-misi dan akuntabilitas kinerja Badan Geologi.

Pada setiap penerbitannya, yang direncanakan akan hadir menemui Anda sekalian setiap bulan, WG berusaha menampilkan 6 (enam) rubrik tetap. Keenam rubrik tersebut adalah: Editorial, Profil, Berita Kita, Kliping Berita, Fokus Kita, dan Agenda.

Pada penerbitan perdana ini, WG mengangkat topik di seputar pembentukan Badan Geologi dan tugas
yang diembannya. Editorial mengantarkan Anda memasuki isi WG. Profil kita kali ini berisikan riwayat hidup Kepala Badan Geologi. Sedangkan Berita Kita berisikan berita seputar pelantikan pejabat eselon III dan IV di lingkungan Badan Geologi; dan Kliping Berita menyampaikan informasi yang relevan seputar perkembangan geologi. Sementara itu, dalam rubrik Fokus Kita, Anda akan dibawa ke dalam wacana seputar latar belakang dan tujuan pembentukan Badan Geologi.

Demikian, semoga kehadiran WG ini memberikan manfaat untuk peningkatan kinerja insan geologi, khususnya yang berkiprah di instansi Pemerintah, Badan Geologi. Selamat berkarya!!!


Oman Abdurahman

Title Filter     Display # 
# Article Title Date Author Hits
1 Warta Geologi Volume 1 No. 1 Tuesday, 24 January 2012 Administrator 6417
2 Warta Geologi Volume 1 No. 2 Tuesday, 24 January 2012 Administrator 6914
3 Warta Geologi Volume 1 No. 3 Tuesday, 24 January 2012 Administrator 8034
4 Warta Geologi Volume 1 No. 4 Tuesday, 24 January 2012 Administrator 9090
5 Warta Geologi Volume 1 No. 5 Tuesday, 24 January 2012 Administrator 7875
6 Warta Geologi Volume 1 No. 6 Tuesday, 24 January 2012 Administrator 8440
7 Warta Geologi Volume 2 No. 1 Tuesday, 24 January 2012 Administrator 8508
8 Warta Geologi Volume 2 No. 2 Tuesday, 24 January 2012 Administrator 7971
9 Warta Geologi Volume 2 No. 3 Tuesday, 24 January 2012 Administrator 7769
10 Warta Geologi Volume 2 No. 4 Tuesday, 24 January 2012 Administrator 6926