Direktur Sumber Daya Energi, Mineral Dan Pertambangan Bappenas Kunjungi Kegiatan Badan Geologi Di Nabire Papua

direktursumberdayaenergimineraldanpertambanganbappenaskunjungikegiatanbadangeologidinabirepapua   
Direktur Sumber Daya Energi, Mineral dan Pertambangan Bappenas (paling kanan)
dengan latar belakang sumber mata air dari kontak batulempung dengan batugamping.
   
Direktur Sumber Daya Energi, Mineral dan Pertambangan Bappenas, Josaphat Rizal Primana, melakukan kunjungan 22-25 Agustus 2017 kepada Tim Pemetaan Geologi Kuarter Pusat Survei Geologi yang sedang bekerja di Daerah Nabire Papua. Kunjungan ini dimaksudkan untuk mengetahui secara teknis kegiatan pemetaan geologi kuarter dan juga untuk mengetahui sejauh mana outcome yang diperoleh dari kegiatan ini dalam berkontribusi dan  percepatan pembangunan nasional.
 
Peta Geologi Kuarter merupakan peta yang memuat data dan informasi endapan kuarter di suatu wilayah yang meliputi litologi, stratigrafi, serta dinamikanya. Dari data dan informasi karakteristik maupun dinamika endapan kuarter yang terdapat dalam Peta Geologi Kuarter akan dapat diketahui potensi sekaligus kerentaan kondisi bawah permukaan suatu wilayah. Hal ini tentu saja akan sangat penting dalam penentuan kebijakan pengembangan infrastruktur energi, manajemen sumber daya air tanah maupun dalam pengurangan resiko bencana yang disebabkan oleh kerentaan endapan kuarter. Kondisi endapan kuarter yang tidak kompak umumnya merupakan media rambatan gelombang getaran gempa bumi dan sekaligus meningkatkan kerentaan suatu wilayah terhadap bencana ini. Pada sisi lain pada umumnya wilayah perkotaan berkembang di wilayah-wilayah yang secara geologi tersusun atas endapan geologi berumur kuarter. Untuk itu pemanfaatan data dan informasi geologi kuarter sangat penting sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan infrastruktur energi dan sektor-sektor ekonomi strategis penggerak perekonomian terutama wilayah perkotaan dan wilayah terpencil.
 
direktursumberdayaenergimineraldanpertambanganbappenaskunjungikegiatanbadangeologidinabirepapua1
Diskusi di lapangan Direktur Sumber Daya Energi, Mineral dan Pertambangan Bappenas,
Kasubdit Minyak dan Gas Bumi Bappenas dan Kasubbid Pemetaan Tematik Pusat Survei Geologi
 
Dalam kunjungan ini Direktur Sumber Daya Energi, Mineral dan Pertambangan Bappenas juga didampingi oleh Kepala Sub Direktorat Minyak dan Gas Bumi, Dody Virgo C. R. Sinaga. Disadari bahwa pemanfaatan Peta Geologi Kuarter cukup penting dalam kerangka kemandirian energi terutama menyangkut ketahanan infrastruktur energi dan pemanfaatan sumber daya yang ada untuk menciptakan dan menjaga Reserve Replacement Ratio (RRR) yang tinggi. Infrastruktur koleksi dan distribusi sumber daya energi harus dibangun pada daerah/media yang aman sehingga pemanfaatan sumber daya energi ini bisa dilakukan dengan lebih efisien dan berkesinambungan.
 
Di samping itu Peta Geologi Kuarter ini diharapkan dapat memberikan informasi dalam pembangunan dan pengembangan infrastruktur lainnya dalam mendukung pencapaian sasaran prioritas nasional. Sesuai bahasan ini maka kegiatan Pemetaan Geologi Kuarter daerah Nabire akan sangat mendukung ketersediaan data dan informasi geologi yang berkaitan dengan penyiapan WK minyak dan gas bumi Wamena dan Sahul. Dimana jika kedua WK ini berkembang, maka posisi Kabupaten Nabire akan menjadi daerah strategis. Diharapkan penentuan lokasi kegiatan-kegiatan Pemetaan Geologi Kuarter di masa mendatang lebih diarahkan untuk mendukung ketersediaan data dan informasi dalam rangka pengembangan infrastruktur energi dan infrastruktur lainnya dalam rangka mendukung pencapaian sasaran prioritas nasional. Dalam kesempatan ini pula Direktur Sumber Daya Energi, Mineral dan Pertambangan Bappenas merekomendasikan untuk dilakukan perencanaan kegiatan pemetaan geologi kuarter pada jangka menengah maupun jangka panjang.
direktursumberdayaenergimineraldanpertambanganbappenaskunjungikegiatanbadangeologidinabirepapua2
Peninjauan pemboran dangkal yang merupakan salah satu
kegiatan pada Pemetaan Geologi Kuarter.

         

Penulis R. Isnu H. Sulistyawan

<Berita Terkini>