Pertemuan Antara Pvmbg Badan Geologi Dan Disaster Manager Innovation (australia)

Pertemuan antara

PVMBG Badan Geologi dan Disaster Manager Innovation (Australia)

 

PVMBG, Badan Geologi dan Disaster Manager Innovation (Australia) mengadakan pertemuan yang membahas tentang “Realtime Volcanic Ash Impact”, dilaksanakan pada hari Rabu, 22 Februari 2017 di Jl. Ruang Rapat PVMBG Jl. Diponegoro No. 57 Bandung. Tujuan pertemuan ini adalah updating Inasafe dan permodelan abu vulkanik. Acara dihadiri oleh peserta dari PVMBG, Badan Geologi yaitu M.N Kartadinata (PB Madya, Koordinator Kerja Sama Ash Modeling dengan Australia 2009-2016), Estu Kriswati (Peneliti Madya di Mitigasi Gunung Api), Agoes Loeqman, Umar Rosadi, Annisa Prastanti, Heruningtyas, Wilfridus FSB, Pretina Sitinjak, Ardy Setia P dan dari Australia yaitu Charlotte Morgan (Kepala Disaster Manager Innovation), Rikki Weber (Koordinator InaSafe Realtime Volcanic Ash), Ivan Busthomi (GIS Expert), Rizky Nugraha (Programmer), Iwan (GIS Expert).

Pada pertemuan tersebut dibahas mengenai beberapa modul dalam InaSAFE Realtime Volcanic Ash yang masih membutuhkan perbaikan, karena belum siapnya PVMBG, Badan Geologi dalam menjalankan perangkat lunak “Fall3D” untuk Volcanic Ash modeling yang hasilnya menjadi masukan untuk InaSAFE Realtime Volcanic Ash, sehingga untuk sementara akan dilakukan menggunakan Ash3D meskipunn hasilnya masih belum optimal. Oleh karena itu, InaSAFE Realtime Volcanic Ash untuk saat ini belum bisa dibuka untuk publik, menunggu kesiapan tim teknis menguasai pengolahan dan pemodelan abu vulkanik, sedangkan, data lain yang dibutuhkan oleh InaSAFE Realtime Volcanic Ash adalah KRB (sesuai dengan masukan dari tim teknis PVMBG, Badan Geologi) dan data tersebut bisa diunduh via web BIG (Badan Informasi Geospasial). Pihak Australia akan mengadakan pelatihan tentang otomatisasi modeling abu vulkanik dan pengertian dasar mengenai pemodelan abu yang akan dilaksanakan 2 (dua) kali di Jakarta dan di Canberra dalam kurun waktu tahun 2017 sampai dengan 2018 dengan pembiayaan dari pihak Australia, dan diikuti oleh 2 – 3 orang staf PVMBG Badan Geologi. Sebelumnya akan dilakukan pelatihan di PVMBG Badan Geologi (in house training) dengan mendapatkan akses ke server Australia yang ada di kantor Disaster Manager Innovation di Jakarta selama 2 bulan (hingga April 2017). Setelah itu diharapkan sistem yang ada di PVMBG sudah selesai dibangun sehingga dapat melakukan pengolahann data di server PVMBG Badan Geologi dan Pihak Disaster Manager Innovation akan membangun sistem di server tersebut dan menginstall kesemua perangkat yang dibutuhkan.

pertemuanantarapvmbgbadangeologidandisastermanagerinnovationaustraliaCharlotte Morgan, Kepala Disaster Manager Innovation sedang menjelaskan tentang “Realtime Volcanic Ash Impact” di Jl. Ruang Rapat PVMBG Jl. Diponegoro No. 57 Bandung, Rabu (22/02/17)

pertemuanantarapvmbgbadangeologidandisastermanagerinnovationaustralia1Foto bersama peserta pertemuan PVMBG, Badan Geologi dan Disaster Manager Innovation (Australia)


Pengirim : Lilies Marie

Sumber   : Estu Kriswati (PVMBG)

 

<kembali>