Rapat Persiapan Sidang The 86th Asean Coordinating Committee On Service

 Rapat Persiapan Sidang The 86th ASEAN

Coordinating Committee On Service

 

 

Rapat Persiapan Sidang Coordinating Committee on Service (CCS)86th dilaksanakan hari Senin, 30 Januari – 4 Februari 2017 di Gumaya Tower Hotel Jl. Gajahmada No. 59-61 Semarang. Acara Mutual Recognition Arrangements 20thini dilakukan 3 (tiga) kali dalam waktu setahun. Peserta rapat ini merupakan perwakilan dari negara-negara ASEAN yaitu Brunei Darussalam, Singapore, Cambodia, Indonesia, Lao PDR, Malaysia, Myanmar, Philippines, Thailand, dan Vietnam. Tujuan utama kegiatan ini adalah keterbukaan informasi kebijakan, perkembangan roadmap, pendidikan, kompetensi kerja dan lain-lain. Koordinator utama kegiatan Coordinating Committee on Service (CCS) adalah Direktorat Perundingan Perdagangan Jasa Kementerian Perdagangan.

Badan Geologi KESDM diwakili oleh Dita Arif Yuwana dari Kasubid Konservasi Geologi, Pusat Air Tanah dan Geologi Tata Lingkungan dan Lilies Marie dari Sub Bagian Humas dan Kerjasama, Sekretariat Badan Geologi. Badan Geologi memberi masukan tentang rencana pembentukan Badan untuk standarisasi Surveying di ASEAN kepada Badan Informasi Geospasial (BIG) yaitu:

  1. Dikatakan bahwa survey terikat oleh berbagai sektor seperti KESDM, KLHK, KKP, dan lain-lain, sehingga diperlukan kesamaan persepsi di internal Indonesia sebelum diutarakan dalam forum ASEAN.
  2. Adanya organisasi Geosains (CCOP) juga disampaikan untuk gambaran pembentukan organisasi antar negara
  3. Perlu dipertimbangkan pendanaan untuk Sekretariat bersama.

Surveying Indonesia diwakili oleh Badan Informasi Geospasial Jakarta yaitu Sumaryono, Kepala Bidang Pengembangan SDM & Industri Informasi Geospasial (IG) dan Anindita Diah, Staf Pusat Standarisasi & Kelembagaan Informasi Geospasial. Indonesia telah mengeluarkan SKKNI Informasi Geospasial (IG) untuk standar kompetensi kerja bidang surveying, Bimtek Asesor tenaga Informasi Geospasial (IG), Draft Undang-Undang Surveyor dalam proses untuk mendukung sertifikasi bidang Informasi Geospasial (IG). Ada 8 profesi yang dibahas dibagi menjadi working group yaitu kedokteran, dentist, nurse, akuntan, engineering, arsitek dan surveying.

rapatpersiapansidangthe86thaseancoordinatingcommitteonserviceRapat Persiapan Sidang Coordinating Committee on Service (CCS)86th di Gumaya Tower Hotel Jl. Gajahmada No. 59-61 Semarang, Senin (30 Januari – 4 Februari 2017)

rapatpersiapansidangthe86thaseancoordinatingcommitteonservice1Foto bersama Peserta Rapat Persiapan Sidang Coordinating Committee on Service (CCS) 86th dari Negera Brunei Darussalam, Singapore, Cambodia, Indonesia, Lao PDR, Malaysia, Myanmar, Philippines, Thailand, dan Vietnam.

 

Pengirim : Lilies Marie

 

 

<kembali>