Upayakan Peningkatan Cadangan Migas Indonesia, Pusat Survei Geologi Tandatangani Perjanjian Kerjasama Dengan P T. Pertamina

Pusat Survei Geologi (PSG) Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan PT Pertamina (Persero) pada Jumat (16/11/2018) di Kantor Pusat Pertamina Jakarta.

 gb1

Dalam pelaksanaan penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut PSG Badan Geologi diwakili oleh Kepala Pusat Survei Geologi Eko Budi Lelono sedangkan PT. Pertamina diwakili oleh SVP Upstream Business Development (UBD) Ida Yusmiati dan VP Upstream Research & Technology (R&T) Sigit Raharjo.

 gb2

Ruang lingkup perjanjian kerjasama pertama yang dilakukan antara PSG Badan Geologi dan Upstream Business Development (UBD) PT. Pertamina (Persero) meliputi penelitian, penyelidikan, pengkajian dan pemanfaatan sumber daya manusia serta fasilitas yang dimiliki terkait eksplorasi di bidang sumber daya minyak dan gas bumi, baik konvensional maupun non konvensional pada wilayah terbuka Indonesia di luar wilayah aktif PT. Pertamina. Ruang lingkup perjanjian kerjasama kedua yang dilakukan antara PSG Badan Geologi dan Upstream Research & Technology (R&T) PT. Pertamina (Persero) meliputi penelitian, penyelidikan dan kajian geologi, geofisika dan geokimia untuk area di Indonesia antaralain Jawa Timur Selatan, wilayah Banyumas dan Pulau Buton.

 gb3

Bagi kedua belah pihak kerja sama ini sangat mendukung kegiatan new ventures khususnya untuk PT. Pertamina Upstream Business Development (UBD) diharapkan dapat memberikan penambahan aset eksplorasi untuk meningkatkan cadangan 2C yang diperlukan dalam mempertahankan rasio reserves to production (R/P) dalam rangka meningkatkan ketahanan migas nasional. Sedangkan bagi PSG Badan Geologi penambahan data baru akan semakin melengkapi pengetahuan terhadap potensi sumber daya dan meningkatkan ekplorasi cekungan sedimen sehingga cadangan migas semakin bisa ditingkatkan.

 

Penyusun :    Nungky Dwi Hapsari