Fosil Tulang Ikan Air Tawar Dan Oil Stained Sandstone (oss)

 FOSIL TULANG IKAN AIR TAWAR DAN OIL STAINED SANDSTONE (OSS);

POTENSI HIDROKARBON DI BUKIT BAKAR LERENG TENGGARA BUKIT TIGAPULUH

 

 

      Cekungan Sumatera Selatan merupakan cekungan penghasil minyak dan gas bumi di Indonesia. Cekungan Sumatera Selatan terbagi menjadi empat sub cekungan yaitu Sub Cekungan Jambi, Sub Cekungan Palembang Utara, Sub Cekungan Palembang Tengah dan Sub Cekungan Palembang Selatan. Secara stratigrafi Cekungan Sumatera Selatan tersusun atas beberapa batuan dari formasi : Lahat, Talangakar, Baturaja, Gumai, Airbenakat, Muara Enim dan Kasai. Formasi Lahat dan Talangakar merupakan dua formasi utama yang mempengaruhi keberadaan hidrokarbon di cekungan ini.

      Secara tektonik Formasi Lahat merupakan formasi yang terbentuk pada fase syn rift yang menyebabkan terbentuknya graben-graben di Cekungan Sumatera Selatan pada kala Eosen - Oligosen. Sampai saat ini fakta tentang Formasi Lahat hanya berdasarkan data biomarker dari percontoh dari inti bor. Data tersebut mengindikasikan bahwa serpih Formasi Lahat merupakan endapan Lakustrin.

      Penemuan tulang ikan tawar pada serpih Formasi Lahat ini memperkuat data yang menyatakan bahwa serpih Formasi Lahat diendapkan di lingkungan Lakustrin dan menambah data baru bahwa serpih Formasi Lahat diendapkan pada umur Eosen – Oligosen, karena pada saat pembentukan graben disertai dengan pengendapan serpih tersebut.

gbr1 

Fosil tulang ikan air tawar sebagai penciri endapan lakustrin

      Endapan lakustrin terutama serpih dikenal sebagai batuan yang mempunyai potensi sebagai batuan induk (source rocks) hidrokarbon. Serpih lakustrin mempunyai kandungan material organik yang sangat melimpah sehingga akan mempengaruhi kekayaan material organik. Kekayaan material organik akan mempengaruhi potensi serpih sebagai batuan induk hidrokarbon. Serpih lakustrin akan membentuk batuan induk dengan tipe kerogen I yang bisa menghasilkan minyak. Kebanyakan potensi minyak bumi di Sumatera berasal dari serpih endapan lakustrin ini seperti minyak di Cekungan Sumatera Utara dan Sumatera Tengah.

      Fakta bahwa minyak sudah terbentuk di daerah Jambi khususnya di daerah Bukit Bakar adalah ditemukannya batupasir yang mengandung oil stained sandstone (OSS) yang biasanya ditemukan di dekat daerah yang berpotensi hidrokarbon. Oil stained sandstone ini merupakan sisa-sisa (bekas) jalur migrasi minyak bumi. Oil stained sandstone mempunyai bau hidrokarbon yang sangat menyengat.

 

gbr3 

Oil stained sandstone (OSS) pada batupasir yang merubah warna batupasir menjadi kecoklatan.

      Data tentang tulang ikan air tawar dan oil stained sandstone yang lokasinya berdekatan ini merupakan data yang sangat bagus sebagai petunjuk bahwa daerah tersebut mempunyai potensi hidrokarbon yang menjanjikan.

 

Tim Rekomendasi WK MNK Jambi, Pusat Survei Geologi