Data Dan Informasi Geologi Untuk Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Gas (pltg)

Data dan Informasi Geologi

untuk Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG)

Pada hari Kamis 8 Maret 2012 PT. Wijaya Jabar Power dan China Energy Engineering Group mendatangi Badan Geologi dalam rangka menindaklanjuti surat dari PT. Wijaya Karya Jabar Power Nomor WJP.UHP.001/III/2018 perihal Permohonan Diskusi Kondisi Geologi Umum, Air Tanah dan Seismik Regional di beberapa daerah di Indonesia. Dikusi dipimpin oleh Kepala Pusat Air Tanah dan Geologi Lingkungan, Andiani dan turut serta Tim Teknis dari Pusat Air Tanah dan Geologi Lingkungan dan Pusat Survei Geologi.

gbr1

Tim PT Wijaya Karya Energi Jabar bersama Tim China Energy Engineering Corporation Limited (CEECC) merencanakan akan membangun PLTG meliputi 5 lokasi yaitu Gresik/Lamongan, Demak, Subang, Cilegon, Belawan Medan. Tim tersebut melakukan konsultasi dan memerlukan data geologi umum, kondisi air tanah meliputi akuifer dan kualitas airtanahnya serta informasi seismic meliputi karakteristik dan intensitas lapisan batuan sebagai bahan pertimbangan/evaluasi rencana pembangunan PLTG. Data dan informasi geologi sangat penting sebagai guna mengurangi risiko kegagalan ataupun kerusakan infrstruktur akibat kondisi geologi setempat.

 gbr2

 

Pada pertemuan ini Badan Geologi telah menyampaikan Informasi yang dibutuhkan secara umum, meliputi: Peta Hidrogeologi skala 1 : 250.000, Peta Geologi skala 1 : 100.000 untuk Pulau Jawa, Peta Geologi Inderaja skala 1 : 50.000 dan Peta Seimotektonik Regional. Selanjutnya Badan Geologi menyampaikan sangat terbuka bila dimintai bantuan terkait data dan informasi maupun kajian terkait yang dibutuhkan.

 

Humas Badan Geologi