Museum Geologi Di Mata Kids Zaman Now

Badan Geologi melalui Museum Geologi kembali melaksanakan Night at The Museum Sabtu (27/01/2018) dengan mengambil tema “Museum Geologi Di Mata Kids Zaman Now. Maksud dari tema tersebut adalah untuk mengenalkan museum kepada masyarakat terutama untuk kalangan anak muda agar mereka tertarik berkunjung ke museum, mencintai museum dan untuk menghilangkan paradigma negatif di kalangan anak muda tentang museum. Sebelum melakukan kunjungan pada malam hari ada kegiatan lain yang dilaksanakan di Auditorium Museum Geologi yaitu “Lokakarya Menulis” bekerja sama dengan salah satu media yang berkecimpung di bidang jurnalistik khususnya karya tulis yaitu Kumparan,. Acara diikuti oleh kurang lebih 30 orang terdiri dari mahasiswa, jurnalis serta beberapa guru, dengan menghadirkan dua narasumber yaitu Yuliasri Perdani (Penulis dan Jurnalis Lepas) serta Shanty Dewi Arifin (Ketua ODOP99Days).
museumgeologidimatakidszamannow   
Suasana ruang peragaan pada saat kunjungan dengan lampu dimatikan

Pada Night at The Museum kali ini, Museum Geologi bekerjasama dengan komunitas Earth Hour Bandung, suatu komunitas yang mengkampanyekan edukasi energi di Kota Bandung melalui gerakan SEMALAM (Serentak Matikan Lampu) mematikan penerangan di semua ruangan Museum Geologi pada pukul 20.30-21.30 WIB terkecuali panel informasi. Semua pengunjung diajak mengunjungi empat ruang peragaan dengan penerangan terbatas yang dipandu oleh beberapa pemandu dari Museum Geologi. Terlihat antusiasme yang luar biasa dari para pengunjung pada saat berkeliling satu jam dengan keadaan gelap menambah kesan tersendiri yang jarang didapatkan.
 
Hal menarik lainnya pada acara ini yaitu kehadiran pemenang Miss Internasional 2017, Kevin Lilianna yang menjadi duta dari Earth Hour. Momen tersebut menjadi tolak ukur Museum Geologi di mata masyarakat ketika tim dokumentasi mewawancarai tanggapan serta kesan mengunjungi museum pada malam hari yang menjadi pengalaman pertama dari pemenang Miss Internasional tersebut . Aneka permainan, foto 3D, dan jajanan kuliner menjadi rangkaian acara pada Night at The Museum mengawali tahun 2018 ini. Semoga masyarakat bisa mengubah paradigma negatif tentang museum, dan memahami program Earth Hour yaitu bagaimana kita menghemat energi sesuai dengan kebutuhan, dan untuk dapat bersama-sama peduli pada upaya penurunan emisi CO2 agar terciptanya Kota Bandung juara yang bijak energi.
museumgeologidimatakidszamannow1
Wawancara dengan pemenang Miss Internasional 2017 tentang tanggapan Night at The Museum

Penulis    : Torry Agus Prianto
Editor       : Titan Roskusumah
                            

<Berita Terkini>